Mola Mola,Si Ikan Matahari

        

Pada asing ya sama ikan ini?yaps,inilah si ikan matahari,Mola Mola!
Ikan ini hijrah ke perairan Nusa Penida,Bali,saat bulan Juni-September lhoo!jangan sampai lupa menyaksikannya skalian kenalan!


 Mirip Batu
Mola Mola artinya batu dalam bahasa Latin,tubuhnya bulat,pipih dan tentunya,berwarna abu-abu , mirip batu deh! Di Jerman dia juga disebut Kepala berenang,karena hanya tampak kepalanya saja,!hihihi..Dia tidak punya sirip,Ups! Tapiiii punya clavus (sambungan di antara sirip atas dan bawah).Clavus tumbuh di tempat sirip ekor,ia juga memiliki sirip atas dan sirip bawah.Saat siripnya muncul di permukaan laut,kamu akan mengira bahwa ini ikan hiu!

☀ Terbesar
Mola Mola adalah ikan besar di dunia,panjang dan lebarnya bisa sampai 3-4 meter!Ckck..beratnya bisa melebihi 1000kg-2300kg!Bayangkan deh,kalau kamu punya sayur yang seberat itu di rumahmu,kayak apa yah?!Tapi ini yang membuat orang bingung,badannya yang SUPER panjangnya yang DUPER cuma makan hewan seperti ubur-ubur,zooplankton,kepiting dan cumi-cumi,lah?emangnya kenapa?hewan itu kecil,masa besar makan kecil!Super lagi!Walaupun badannya SUPER,dia gak bahaya kok!tenang aja,saat didekati penyelam,ia tenang,santai.Tapi tunggu duluu..!Kalau kapal nabrak Mola Mola,bukan Mola Molanya yang mati,tapi kapalnya rusak parah dan si ikan juga bisa tersangkut sama baling-baling kapal.

☀ Suka Berjemur

Siang hari ia suka naik ke permukaan laut yang dangkal,dan posisi tubuhnya dibuat horozontal , seperti tiduran gitu deh!Pada saat-saat ituuu,,ia menyeraap sinar  ke tubuhnya,beguna untuk mengembalikan suhu tubuh si Mola Mola.Hewan ini tidak tahan dingin,memang malah hari mampu menyelam hingga kedalaman kurang lebih 6oo m.Pagi hari,ia harus kembali berjemur,iihh...kayak kamu aja yah kalau lagi di pantai!

☀ Perairan Tropis

Mola Mola hidupnya di perairan tropis dan suhunya hangat.Kalau samapi aja suhu tubuhnya dibawah 12ᴼC.Dia bisa sengsara.menderita,tersiksa dan lebih parah lagi,mati.

☀ Mandi

Di kulit Ikan matahari,tumbuh sekitar 40 jenis parasit,widih..Fakta:"Kalau berjemur,Mola Mola mandi juga." Saat sedang berjemur,ikan pembersih dan burung laut akan mengerumuninya,eitss...bukan minta tanda tangan lho..!tapi mereka makan parasit di tubuh Mola Mola,hmm...Jadi inget deh,sama simbiosis mutualisme,saling menguntungkan!

Sekian yah postingnya,semoga bermanfaat!
   
                                                                                                     
                                                                                            

Komentar

  1. Waaah...terbesarnya gede n berat bgt ya....tapi nggak galak toh. Pengen liat aslinya,jadinya!

    BalasHapus
  2. @KakCipa:Hahaha,iya kak,sama!

    BalasHapus
  3. @Chikarei:makasihh yah..udh buat banner.a blom? :))

    BalasHapus

Posting Komentar

I'm glad if you fill my comment box!
But, please don't:
-Spamming
-Porn Content
-Junk words

Don't have any accounts yet? Don't worry! Because You can:
1. Click Name/URL and fill the name only or both
2.. Select Anonymous and put your name in comments

Thanks and I'm glad!