Sanitas Perumahan di Kawasan Bogor


Samporasun, kumaha damang? 😊 Minggu lalu, Kelompokku baru saja mempresentasikan tentang sanitasi perumahan di Bogor untuk mata kuliah Sanitas dan Toksikologi Lingkungan (Santokling). Nah, kelompok kami mendapatkan 6 perumahan, apa aja tuh? Simak yuk! 🏘️



Kebetulan, kelompokku mendapatkan lokasi di kawasan Ciampea. Ini dia list Perumahannya:



Semua perumahan di atas berada di Kabupaten Bogor. Untuk perumahannya sendiri, Anggota Polri Polwil Bogor sudah berganti nama menjadi Griya Salak Asri. Perumahan ini berdiri tahun 2001, dulunya perumahan ini merupakan komplek perumahan untuk para polisi yang bekerja atau dinas di kabupaten Bogor, namun pada tahun 2005 perumahan ini diserahkan pada PT Elang dan berubah menjadi Griya Salak Asri dengan kepemilikan pribadi, sehingga setelah dialihkan semua warga yang mengisi komplek ini tidak hanya polisi saja, melainkan warga biasa juga. Komplek ini sudah memiliki bank sampah, namun belum memiliki TPS. Sumber airnya sendiri berasal dari Yayasan Bina Mansyur yang dialirkan pada malam hari, namun pasokan air dinilai warga sudah memenuhi kebutuhan air.

   Perumahan Griya Salak Endah 1 & 2 dibangun oleh PT. Elang Semesta Guna. Keduanya berada dalam satu kasawan dan sama-sama belum memiliki TPS. Pengangkutan sampah dari rumah warga dilakukan sekali tiap minggunya. Sumber airnya juga berasal dari Yayasan Bina Mansyur, mungkin karena masih satu developer dengan Griya Salak Asri. Perumahan ini belum semuanya terisi.

    Green Dramaga Residence berdiri pada tahun 2017 dengan luas 2,2 ha. Belum semua rumah terisi, jumlah penghuni yang menetap sudah ada 70 orang. Sumber airnya berasal dari PDAM, untuk pengangkutan smapah dilakukan 2x/minggu. Letaknya cukup strategis karena berdekatan dengan pasar dan Kampus IPB Dramaga.

  Tidak jauh dari Green Dramaga, ada Greenland River Villa yang hanya berjarak 400 meter. Perumahan yang dibangun tahun 2016 ini memiliki luas 5 hektar. Rencananya, akan dibangun 300 unit, namun baru 15 unit yang terisi. Rumah ini dekat dengan sungai dan pasar. Sampah diangkut 3x/minggu oleh pihak perumahan. Sumber air berasal dari PDAM.

Rata-rata semua perumahan meiliki drainase (selokan) terbuka dan juga belum terisi penuh. Semuanya juga memiliki fasilitas seperti tempat sampah dan toilet. Untuk sanitasinya, Griya Salak Endah 1 memiliki sanitasi paling baik, sedangkan Griya Salak Asri memiliki sanitasi paling buruk berdasarkan penilaian yang telah kami lakukan.

Jadi, jika kalian ingin mencari rumah, pastikan sanitas dan lingkungan perumahan tersebut sudah baik dan memenuhi persyarata, ya! Agar hidup sehat, aman, dan nyaman. 🥰




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bebagi pengalaman